Perencanaan adalah proses menentukan bagaimana organisasi bisa mencapai tujuannya. Dalam istilah yang lebih resmi, perencanaan di definisikan sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi di antara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu.
Perencanaan organisasional mempunyai dua maksud yaitu :
1. Perlindungan
Meminimalisir resiko dengan mengurangi ketidakpastian disekitar kondisi bisnis dan menjelaskan konsekuensi tindakan menejerial yang berhubungan.
2. Kesepakatan
Tujuan dari kesepakatan untuk meningkatkan tingkat keberhasilan organisasional. Tujuan perencanaan adalah membentuk usaha terkoordinasi dalam organisasi, tanpa adanya perencanaan biasanya di sertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya ketidakefesienan.
Pentingnya Perencanaan Dalam Manajemen :
1. Tujuan menjadi jelas dan terarah.
2. Menolong mengidentifikasikan berbagai hambatan dan peluang.
3. Membantu pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif.
4. Perencanaan sendiri dapat diartikan aktivitas pengawasan.
5. Perencanaan juga membantu untuk mengurangi resiko dan ketidakpastian.
Rencana saya ketika mengikuti organisasi kemahasiswaan kewirausahaan yaitu :
1. Menerima tanggung jawab
Seorang mahasiswa yang mengikuti organisasi harus menerima tanggung jawabnya dengan mengikuti kuliah dengan baik, tidak bolos dan mengerjakan tugas dan ujian dan mengikuti peraturan lainnya, serta tidak lupa dengan tanggung jawab dalam organisasi yang diikuti.
2. Bekerja keras dan bekerja cerdas
Seorang anggota organisasi harus bekerja keras dan rajin. Seorang anggota juga harus bekerja dengan cerdas yaitu bekerja dengan strategi dan otak bukan dengan otot saja. Untuk dapat bekerja dengan cerdas, seorang anggota harus mempunyai pengetahuan dan penguasaan teknologi yang cukup.
3. Bersifat komunikatif
Memahami pesan yang disampaikan, mencoba berpikir dari sudut penerima, menyampaikan informasi bertahap, menyampaikan konfirmasi apakah yang dipahami sama dengan yang disampaikan.
4. Berkepribadian kuat, jujur dan kompeten
Berperilaku jujur sangat penting dalam sebuah organisasi, karena perilaku adalah gambaran siapa diri kita, maka dari itu sifat ini sangat penting dalam sebuah organisasi.
5. Keterlibatan dalam organisasi
Keterlibatan adalah bentuk komitmen seorang anggota dalam melibatkan peran dan kepedulian terhadap pekerjaan baik secara fisik, pengetahuan dan emosional sehingga menganggap pekerjaan yang dilakukannya sangat penting serta memiliki keyakinan kuat untuk mampu menyelesaikannya. Seorang anggota yang terlibat sepenuhnya dengan pekerjaannya akan mengakibatkan pencapaian sasaran dan tujuan organisasi.
6. Tidak memaksakan pendapat
Dalam organisasi, kita harus melawan dan meredam ego agar tidak ada hati orang lain yang kita sakiti akibat apa yang kita ucapkan, mengikuti kesepakatan bersama adalah suatu contoh tindakan yang tidak memaksakan pendapat.
7. Bekerja sama satu sama lain
Kerjasama adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan. Kerjasama bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama.
Mentor :
– Salma Putri Az-Zahra
– Bima Prasetya Putra
Kordiv Mentor :
– Muhammad Rizky Nugraha
– Putri Nabilla Noviyanti
Staff Inti Mentor :
– Hafidh Novanto
Penanggung Jawab Mentor :
-Rahma Anjani Khalid
– Wiedhy Ramadhansyah A
#Widyatama #Mahasiswa #Bandung #Prestasi #GenerasiUtama